Senin, 08 September 2014

"Inspirasi di dalam hidupku"


" CATUR "



Sebuah lapangan yang memiliki 64 petak, , hanya berwarna hitam dan putih. Terdiri dari beberapa pasukan untuk melindungi rajanya dari serangan musuh. Masing-masing yang bernama Benteng, Kuda, Gajah, Menteri dan Pion. Mereka mempunyai fungsi yang berbeda-beda mari kita definisikan :


Benteng ibarat sebuah bangunan yang berdiri kokoh untuk mengamankan raja dari serangan musuh. ia juga berfungsi untuk menyerang apabila raja sudah mulai di serang oleh musuh, kekuatannya begitu kuat apabila kedua benteng saling berkaitan satu sama lain. Pepatah catur mengatakan apabila Benteng sudah menuju baris ke 7 ia seperti seekor babi yang sedang cari makan. 



Berikutnya kuda sangat berperan dalam keadaan mendesak atau tertutup karena ia bisa melompat dengan lincah memasuki kerajaan lawan, oleh sebab itu hati-hati apabila kuda sudah menentukan titik yang ia akan tempatkan.



Gajah itu pasukan yang penyerangannya seperti teropong yang mengawasi keadaan dari jarak jauh, hati-hati dengan keadaan posisi yang terbuka karena sepasang gajah akan memangsa yang ia lihat. 



Pengawal raja yang disebut Menteri merupakan pengaman raja yang sangat berjaya saat babak tengah karena ia bernilai tinggi dan bisa berjalan kemanapun ia mau kecuali jalannya kuda. karena pengabdiannya terhadap raja sangat tinggi sehingga apapun ia lakukan demi keselamatan raja. 




Pion walaupun hanya seorang prajurit jangan sekali-kali meremehkan pasukan yang satu ini karena saat dia beraksi di permainan akhir ia yang sangat menentukan kemenangan, semua itu ia lakukan demi rajanya memenangkan sebuah pertarungan terhadap lawan.



Ini adalah Raja yang selalu di lindungi pasukannya agar tidak diserang oleh musuh!.

Hidup ini ibarat catur kita menang atau kalah, ketika kita memilih salah satu pilihan bagaimana caranya kita untuk meraih kemenangan. by Via

Tidak ada komentar:

Posting Komentar